Tips Memasak Kerang Dara Agar Terasa Nikmat dan Sehat


Mungkin berasal dari kalian tersedia yang memadai penasaran tips memasak kerang dara sehingga menjadi nikmat. Kerang adalah type hewan laut tak bertulang belakang yang kondang dikonsumsi di semua dunia. Dagingnya yang lunak dan tersembunyi di dalam cangkang dianggap sebagai santapan mewah di sejumlah negara. Sebagai negara maritim, penduduk Indonesia tentunya telah familiar dengan kerang. Seperti beragamnya type permainan judi di agen sbobet terpercaya, ternyata tersedia bermacam type kerang yang dipasarkan di Indonesia. Baik kerang yang ditangkap langsung berasal dari laut atau kerang budidaya.

Jika kamu pecinta seafood pasti kerang jadi salah satu hidangan paling disukai. Selain teksturnya yang kenyal, gurihnya kerang pun tidak tersedia duanya. Biasanya orang lebih menentukan memesan kerang di warung seafood sebab tidak amis dan tidak alot. Padahal, tidak susah untuk memproses kerang sendiri dengan hasil yang tidak amis dan tidak alot. Apalagi pada pemasakan pada kerang dara atau kerang darah, type kerang yang satu ini paling banyak ditemukan di pasaran. Cangkangnya berwarna putih dengan garis kelabu di anggota ujung. Sementara dagingnya berwarna oranye dan agak liat.

Tips Memasak Kerang Dara Dengan Benar

Tidak seperti mie gomak asal medan, mengkonsumsi kerang kadang bisa membuat keracunan. Terutama terkecuali kerang yang disantap telah terkontaminasi biotoksin berupa logam berat. Inilah yang disebut paralytic shellfish poisoning (PSP). Maka berasal dari itu kamu wajib tau bagaimana cara memasak kerang dara dengan benar layaknya apa. Berikut ini bermacam tips sehingga hidangan kerang dara mu nikmat dan sehat:

Pilih Kerang yang Segar

Saat belanja kamu wajib meyakinkan terkecuali kerang masih segar. Kerang yang masih segar memiliki ciri, tidak berbau, tidak berlendir, dan cangkangnya masih tertutup erat tidak terbuka. Kalau kamu menentukan kerang kupas, menentukan yang segar dan warna yang alami.

Rendam Kerang dengan Perasan Air Jeruk

Supaya tidak amis, rendam kerang dalam perasan jeruk nipis atau lemon. Rendam kerang selama 30 menit dan tutup wadah dengan rapat. Selesai direndam, cuci dan bilas bersih kerang.

Bersihkan Kerang

Cangkang kerang yang akan dimasak wajib dibersihkan terutama dulu. Cuci cangkang dengan air mengalir. Lalu sikat cangkang sampai kotoran dan lumpur yang melekat hilang. Kalau tidak bersih, rasa kerang bisa berubah.

Rebus Kerang dengan Bumbu

Bumbu layaknya jahe, bawang putih, bawang merah, serai, dan daun jeruk bisa menurunkan bau amis pada kerang. Anda bisa menentukan satu berasal dari sebagian bumbu. Jahe yang telah dipotong kecil-kecil dimasukkan ke dalam air rebusan. Atau bawang putih atau bawang merah cincang yang di taburkan ke atas kerang. Sedangkan daun jeruk dan serai yang telah dimemarkan langsung dimasukkan dalam air.

Jangan Buka Tutup Wajan

Selama perebusan kerang kamu wajib menutup wajan. Agar kerang matang menyeluruh dengan sempurna. Tidak tersedia kerang yang keras atau benar-benar lunak. Menutup wajan akan menolong tingkatkan uap panas di dalam wajan dan membuat kerang cepat matang. Tutup wajan selama 4 menit sebelum saat terhubung wajan dan angkat kerang. Kalau kamu menutup dan terhubung wajan benar-benar sering akan mengganggu tekanan udara dalam wajan. Kalau takut bumbu tidak rata dan gosong, goyangkan wajan saja.

Gunakan Api Sedang dan Jangan Masak Terlalu Lama

Saat merebus kerang manfaatkan api sedang, sehingga daging kerang matang merata dan tidak alot. Kalau cangkang kerang telah membuka, langsung matikan api. Memasak matang kerang hanya 4 menit. Kalau kelamaan merebus kerang, akan membuat daging jadi alot dan mengkerut. Perebusan kerang sebaiknya manfaatkan saute pan sehingga atau wajan anti lengket sehingga lebih mudah mengaduknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post