Cara Perkembangbiakan Hewan dari Ovipar, Ovovivipar, hingga Membelah Diri

Perkembangbiakan hewan merupakan salah satu karakteristik basic yang dimiliki hewan sebagai makhluk hidup. Perkembangbiakan ini kudu dijalankan oleh hewan untuk terhindar dari kepunahan.

Pada dasarnya, terdapat dua cara perkembangbiakan hewan, yakni generatif (seksual) serta vegetatif (aseksual). Nah, menghendaki menyadari lebih banyak tentang tanda-tanda perkembangbiakan generatif dan vegetatif? Simak ulasan dari bandar judi bola selengkapnya selanjutnya ini.

Perkembangbiakan Generatif

Cara perkembangbiakan hewan yang pertama adalah perkembangbiakan generatif atau seksual atau perkawinan. Perkembangan ini berlangsung disaat sel kelamin jantan (spermatozoid) berjumpa serta membuahi sel kelamin betina (sel telur). Perkembangbiakan generatif terbagi jadi tiga jenis, yakni ovipar, vivipar, dan ovovivipar.

Ovipar (bertelur)

Ovipar berasal dari kata ovum yang bermakna telur. Bertelur dijalankan oleh hewan layaknya unggas, reptil, serta ikan. Dalam sistem pembuahannya, terdapat dua style pembuahan, yakni secara internal dan eksternal. Pembuahan internal berlangsung di dalam tubuh induk betina, namun eksternal berlangsung di luar tubuh induk.

Contoh hewan ovipar adalah ayam, bebek, penyu, komodo serta burung. Sementara umpama hewan ovipar adalah ikan dan katak.

Vivipar (beranak)

Hewan yang berkembang biak secara Vivipar biasa disebut juga dengan hewan mamalia atau menyusui. Embrio dapat tumbuh dan berkembang di dalam rahim hewan betina agar induk hewan dapat punya kandungan sepanjang sebagian bulan. Contoh hewan melaksanakan perkembangbiakan secara vivipar adalah anjing, kucing, kambing, sapi, serta kelinci.

Ovovivipar (bertelur dan beranak)

Perkembangbiakan Ovovivipar merupakan gabungan dari Ovipar serta Vivipar. Adapun pembuahannya berlangsung di dalam tubuh induk hewan. Saat berada di dalam tubuh induknya, telur itu berkembang sampai jadi hewan baru. Setelah menetas, calon anak selanjutnya dapat dilahirkan nampak dari tubuh induk hewan. Adapun umpama hewan ovovivipar adalah ikan hiu, buaya, kadal,dan sebagian style ular.

Perkembangan Vegetatif

http://ronleyba.com/ – Cara perkembangbiakan hewan seterusnya adalah vegetatif atau aseksual. Perkembangbiakan ini berlangsung tanpa adanya perkawinan. Pada umumnya, perkembangbiakan vegetatif berlangsung pada hewan tingkat rendah.

Hewan tingkat rendah yang dimaksud punya susunan tubuh tidak sempurna. Adapun ada tiga cara perkembangbiakan vegetatif, yakni tunas, fragmentasi, serta membelah diri.

Tunas

Tunas kecil dapat nampak pada tubuh induk hewan. Ketika sudah lumayan umur, tunas selanjutnya dapat berpisah dengan tubuh induknya dan dapat membentuk individu baru. Contoh hewan yang berkembang biak dengan tunas adalah Poryfera serta Hydra.

Fragmentasi

Fragmentasi adalah cara hewan berkembang biak dengan memotong atau menentukan bagian tubuhnya. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara ini adalah Planaria dan sebagian style cacing.

Membelah diri

Perkembangbiakan secara membelah diri dijalankan oleh hewan bersel satu layaknya amoeba. Cara induk hewan membelah diri adalah dengan membagi tubuhnya jadi dua bagian sama besar. Ukuran hewan amoeba amat kecil agar hanya sanggup dicermati dengan memanfaatkan mikroskop saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *